Berwisata Seru di Pantai Kondang Merak

Pantai Instagramable Di Malang
November 17, 2018
Menikmati Keindahan Raja Ampatnya Jawa Timur
November 18, 2018
Show all

Berwisata Seru di Pantai Kondang Merak

 

Pantai Kondang Merak menjadi salah satu pantai favorit wisatawan asli Malang maupun wisatawan luar daerah Malang yang datang ke Malang Selatan. Kepopuleran pantai ini sebenarnya sudah sejak jaman dahulu. Namun, seiring berkembangnya wisata, pantai ini makin digemari oleh banyak warga Malang dan luar Malang. Bahkan beberapa pecinta alam juga sering berkemah di pantai ini. Selain menjadi tempat favorit untuk snorkeling dan berkemah, konon pantai ini dahulu banyak didatangi burung merak loh! Berikut adalah hal-hal yang perlu anda ketahui tentang  keseruan berwisata ke Pantai Kondang Merak Malang.


Butuh travel surabaya malang? Nahwa memiliki layanan travel surabaya malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” travel malang juanda “.


Sejarah Pantai Kondang Merak

Setiap nama pantai di Indonesia pasti memiliki kisah sejarah dan alasan mengapa diberikan nama tersebut. Menurut sejarah yang tersebar, pantai ini dinamakan  Pantai Kondang Merak karena di pantai ini terdapat kondang (muara yang merupakan pertemuan antara air tawar dan air laut) yang dahulu banyak dihuni oleh burung merak. Tetapi sejak tahun 1980an, burung merak mulai punah akibat penangkapan liar yang dilakukan oleh manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab.

Lokasi dan Aksesibilitas

Untuk berwisata ke Pantai Kondang Merak Malang, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui lokasi maupun akses untuk  menuju pantai ini.  Lokasi Pantai Kondang Merak ini berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bagi anda yang berasal dari luar Malang, bisa menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat untuk menuju ke Malang. Setibanya di Malang, anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan mobil mengikuti arah jalan menuju Pantai Balekambang. Tidak usah bingung jika tidak memiliki mobil pribadi, karena anda bisa menyewa mobil di Nahwa Travel. Dan apabila anda ingin berlibur lebih lama dan tidak hanya di kawasan Pantai Malang Selatan saja, anda bisa mampir ke Kota Batu maupun Kota Malang. Nahwa Tour siap menyediakan berbagai macam paket wisata untuk anda, seperti Paket Wisata Malang Batu Bromo 3D2N, Paket Wisata Malang Batu Bromo 4D3N, Paket Wisata Malang Batu 3D2N, Paket Wisata Malang Batu 4D3N, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi customer service kami di nomor 081 222 431 414. Atau anda bisa datang langsung ke kantor kami di Jalan Letjen Soetoyo Gang V No 36 Lowokwaru, Kota Malang.

Kembali lagi ke topik awal, setelah keluar dari perkebunan tebu, ambilah arah kanan menuju ke Pantai Balekambang. Dari pantai tersebut masih sekitar 4 km lagi dan anda akan tiba di Pantai kondang Merak. Aksesnya akan sedikit sulit karena jalannya masih berupa tanah. Jika musim penghujan tiba banyak kubangan lumpur dan jalanan akan menjadi licin sehingga harus para wisatawan yang lewat harus lebih berhati-hati. Karena jalanan yang sempit dan juga pohon besar menjadi hambatan tersendiri saat menuju kesana. Jika kondisi jalan normal, mungkin bisa ditempuh dalam waktu 10 menit. Namun jika jalanan dalam kondisi rusak dan banyak kubangan lumpur, pengunjung setidaknya membutuhkan waktu minimal 30 menit untuk sampai di Pantai Kondang Merak.

Jalur pertama yang bisa dilewati: Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur – Kondang Merak atau melalui jalur kedua yaitu Terminal Arjosari – Turen – Gondang Legi – Bantur – Kondang Merak.

Kegiatan

Ada banyak kegiatan yang bisa anda lakukan saat berwisata ke Pantai Kondang Merak, salah satunya adalah snorkeling. Melakukan snorkeling di Pantai Kondang Merak adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke sana. Karena airnya yang jernih, terumbu karang di pinggir pantai pun terlihat cukup jelas.

Harga tiket masuk Pantai Kondang Merak terbilang cukup murah, yaitu Rp 10.000/orang, sedangkan untuk parkir kendaraan hanya Rp 5.000 – Rp 10.000 saja. Karena harga tiket masuknya yang cukup murah, maka saat musim liburan tiba,  pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Saat anda berada di tepi pantai, anda bisa melihat berbagai binatang laut, seperti ikan-ikan kecil, gurita kecil, landak laut, dan juga lobster yang bersembunyi di sela-sela terumbu karang. Gelombang di Pandai Kondang Merak juga tidak terlalu besar karena akan terpecah karena adanya batu karang yang berjajar sekitar 200 meter dari bibir pantai.

Di pinggir pantai juga sering terjadi transaksi jual beli berbagai jenis ikan segar hasil tangkapan nelayan. Berbagai macam hasil tangkapan ikan laut seperti ikan tuna, kakap, bahkan gurita menjadi hasil yang paling banyak didapat. Para nelayan pun membuat kampung nelayan yang tidak pernah sepi saat siang maupun malam.

Di sekitar Pantai Kondang Merak ada banyak kuliner yang bisa anda cicipi bersama keluarga dan teman-teman. Kuliner ini hanya bisa dinikmati di Pantai Kondang Merak dan bisa dibilang tidak ada di tempat lain. Banyak warung makan yang menyediakan menu andalan kawasan ini, yaitu Sate Tuna. Selain itu juga ada gurita asam manis, kuah pedas kepala ikan laut, gurita saus tiram dan juga kebab yang isinya adalah daging ikan. hmm…pasti rasanya enak sekali!

Fasilitas

Karena merupakan tempat wisata, tentu saja pantai ini memiliki fasilitas yang cukup baik. Beberapa fasilitas umum yang bisa didapatkan antara lain lahan parkir, mushola, beberapa rumah makan atau warung makan tepi pantai, dan beberapa penginapan di sekitarnya. Selain itu, biasanya pantai ini juga dijadikan tempat untuk camping. Harga tiket masuk pantai terbilang sangat murah, yaitu Rp 10.000 saja. Sedangkan biaya parkir di wisata pantai ini dikenakan sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Tips Wisata

Jika anda ingin mengunjungi pantai ini, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar perjalanan anda menjadi semakin nyaman.

  • Lebih baik datang ketika cuaca sedang cerah atau bukan saat musim hujan. Selain karena jalanan menuju pantai yang licin dan penuh kubangan lumpur saat hujan, pantai ini juga tidak akan memberikan pemandangan indah seperti yang diharapkan saat hujan terjadi.

  • Selalu cek kondisi kendaraan sebelum berangkat karena perjalanan dari kota sangat panjang dan melewati jalan yang berliku-liku serta menanjak.

  • Bawalah baju ganti atau baju lebih jika berkunjung ke sana. Hal ini tentu karena wisatawan pasti akan bermain air. Jangan lupa juga membawa kantong plastik untuk menyimpan pakaian basah. Selain itu, bawa juga perlengkapan mandi untuk membersihkan diri setelah bermain air di pantai.

  • Jika wisatawan ingin menginap atau mendirikan tenda, jangan lupa membawa lotion anti nyamuk dan minyak kayu putih. Hal ini dikarenakan banyak serangga pasir dan juga kutu pasir yang bisa membuat badan gatal-gatal. Selalu gunakan pakaian tertutup saat berada di dalam tenda untuk menghindari rasa gatal-gatal.

  • Bawa keperluan camping yang lengkap supaya kegiatan bermalam di sana menjadi lebih lancar dan mengasyikan.

  • Bangun lebih pagi agar bisa menikmati pemandangan matahari terbit.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Pantai Kondang Merak di Malang Selatan yang bisa anda kunjungi sebagai objek wisata. Selamat berlibur di Malang dan semoga liburan anda menyenangkan!


Butuh travel surabaya malang? Nahwa memiliki layanan travel surabaya malang.

Untuk lebih lanjut silahkan klik tautan ” Travel Juanda Malang “.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *